Legal

PT. HABLUN CITRAMAS PERSADA JL. Gerilya No. 18 RT 01 RW 01 Tanjung Purwokerto Telp. (0281)621489 e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Read More

Profile

PT. Hablun Citramas Persada (PT.HCP) adalah salah satu penyedia jasa di bidang IT

Read More

Latar Belakang

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan cepat

Read More

Bagaimana fiber Optik Bekerja

Kira-kira lebih dari 20 tahun yang lalu, kabel serat optik (Fiber Optic) telah mengambil alih dan mengubah wajah teknologi industri telepon jarak jauh maupun industri automasi dengan pengontrolan jarak jauh. Serat optik juga memberikan peranan besar membuat Internet dapat digunakan di seluruh dunia.
Ketika serat optik menggantikan tembaga (copper) sebagai long distance calls maupun internet traffic yang secara tidak langsung berdampak pd penurunan biaya produksi. Untuk memahami bagaimana sebuah kabel serat optik bekerja, sebagai contoh coba bayangkan sebuah sedotan plastik atau pipa plastik panjang fleksible berukuran besar. Bayangkan pipa tersebut mempunyai panjang seratus meter dan anda melihat kedalam dari salah satu sisi pipa. Seratus meter di sebelah sana seorang teman menghidupkan lampu senter dan diarahkan kedalam pipa. dikarenakan
bagian dalam pipa terbuat dari bahan kaca sempurna, maka cahaya senter akan di refleksikan pada sisi yang lain meskipun bentuk pipa bengkok atau terpilin masih dapat terlihatpantulan cahaya tersebut pada sisi ujungnya. Jika misalnya seorang teman anda menyalakan cahaya senter hidup dan mati seperti kode morse, maka anda dan teman anda dapat berkomunikasi melalui pipa tersebut. Seperti itulah prinsip dasar dari serat optik atau yang biasa dikenal dengan nama fiber optic cable

 

Sebuah kabel fiber optik terbuat dari serat kaca murni, sehingga meskipun kabel mempunyai panjang sampai beratus2 meter, cahaya masih dapat dipancarkan dari ujung ke ujung lainnya. Helai serat kaca tersebut didesain sangat halus,ketebalannya kira-kira sama dengan tebal rambut manusia. Helai serat kaca dilapisi oleh 2 lapisan plastik (2 layers plastic coating) dengan melapisi serat kaca dengan plastik, akan didapatkan equivalen sebuah cermin disekitar serat kaca.
Cermin ini menghasilkan total internal reflection (refleksi total pada bagian dalam serat kaca).
Sama seperti jika kita berada pada ruangan gelap dengan sebuah jendela kaca, kemudian anda mengarahkan cahaya senter 90 derajat tegak lurus dengan kaca , maka cahaya senter akan tembus ke luar ruangan. Akan tetapi jika cahaya senter tersebut diarahkan (ke jendela berkaca) dengan sudut yang rendah (hampir paralel dengan cahaya aslinya), maka kaca tersebut akan berfungsi menjadi cermin yg akan memantulkan cahaya senter ke dalam ruangan. demikian pada serat optik, cahaya berjalan melalui serat kaca pada sudut yang rendah.

 

Kabel fiber optik modern dapat membawa sinyal digital dengan jarak kurang lebih 60 mil (sekitar 100 Km). Pada jalur distribusi jarak jauh biasanya terdapat peralatan tambahan (equipment hut) setiap 40-60 mil,yang berfungsi pick-up equipment yang akan menampung, menguatkan sinyal, dan kemudian me- retransmit-kan sinyal ke equipment selanjutnya.
Dalam pengertian kabel fiber optik, kabel Fiber optik adalah merupakan satu jenis kabel fiber optik ( fiber optic) yang terbuat dari bahan kaca atau sejenis plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan fungsi kabel fiber optik (fiber optic) & kegunaan fiber optik diterapkan untuk mengirim sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser. fiber optic kabel atau fiber optik kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Kecepatan fiber optik kabel bisa mencapai 100GBps. Komunikasi fiber optik (fiber optic) sudah menjadi alat transmisi yang sangat vital dewasa ini.
Perkembangan teknologi kabel fiber optic (jaringan fiber optik) sampai saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 2 0 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mengirimkan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional seperti kabel UTP, yang mana hal ini merupakan kelebihan fiber optik dibandingkan dengan kabel UTP. Dengan demikian kabel fiber optic sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi data. Pada prinsipnya kabel fiber optic memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya. Dengan instalasi fiber optik (fiber optic) yang tepat akan dihasilkan back bone jaringan fiber optik untuk komunikasi data yang sangat besar sekali. Fungsi fiber optik & kelebihan fiber optik inilah yang menyebabkan kenapa kabel fiber optik banyak digunakan dalam dunia komunikasi termasuk dunia internet fiber optik. Ulasan artikel fiber optik bisa dibaca pada fiber optik wikipedia.
Efisiensi dari kabel fiber optic ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh kabel fiber optic tersebut. Dewasa ini harga fiber optik (fiber optic) relatif cukup murah & bisa memicu pemakaian jaringan backbone kabel fiber optik (fiber optic) secara besar-besaran. Kekurangan fiber optik (fiber optic) untuk komunikasi data hampir tidak ada. Fiber optic atau fiber optik network akan memegang peran utama untuk komunikasi informasi masa depan. Bicara teknologi komunikasi masa depan pasti tetang fiber optik (optic) sebagai tulang punggung jaringan komunikasi informasi masa depan.
Fiber optic atau fiber optik adalah merupakan media yang paling canggih dalam hal pengiriman data. Saat ini fiber optic Indonesia (fiber optik Indonesia) sudah bisa memproduksi & jual kabel fiber optik (fiber optic). Berdasarkan teknologi fiber optik, kabel FO ( fiber optic cable ) terbuat dari bahan kaca yang dibungkus kulit pelindung yang berfungsi sebagai protektor bahan kaca FO yang rapuh. Mode fiber optic terdiri dari single mode fiber optik dan multi mode fiber optik (multi mode fiber optic), yang membedakan keduanya adalah dari ukuran diameter kaca kabel fiber optic. Adapun fiber optic patch biasanya digunakan sebagai penghubung (penyambungan fiber optik) dengan media converter. Teknik terminasi kabel fiber optic ada yang menggunakan teknik lem apoxy dan teknik terminasi fiber optic splicing. Kedua macam terminasi fiber optik ini memiliki kwalitas koneksi yang sama. Yang membedakan kabel fiber multimode dan multimode fiber optic ( fiber optik) adalah dalam hal jarak transmisi data. Kabel fiber optic tipe single mode (fiber optik single mode)  bisa kirim data lebih jauh dibandingkan dengan kabel fiber tipe multimode. Untuk koneksi ke media fiber optic converter (fiber optik transmitter) diperlukan fiber optic connector (konektor fiber optik). Dewasa ini berbagai jenis kabel fiber optic (jenis fiber optik) sudah di gunakan untuk mengirim sinyal internet ke seluruh dunia. Kabel optic optic juga banyak digunakan dalam media komunikasi untuk sensor ( fiber optic sensor ). Cara kerja fiber optik dan prinsip kerja fiber optik adalah mengandalkan media cahaya. Cara pemasangan fiber optik (cara penyambungan fiber optik) yang benar sangat menentukan besar kecilnya db loss yang terjadi pada transmisi kabel fiber optik. Cara pemasangan kabel fiber optik yang benar akan menghasilakn db loss yang makin kecil dan menyebabkan  jaringan fiber optik akan mengirim data secara maksimal. Kwalitas kabel fiber optik & cara pemasangan fiber optik  juga sangat menentukan harga fiber optik. Aplikasi fiber optik bisa terkoneksi dengan sempurna bila dipasangan dengan spesifikasi fiber optik yang tepat. Dalam sistem komunikasi fiber optik (fiber optic), harga kabel fiber optik juga ditentukan oleh besar kecil nya jumlah core yang kita butuhkan.
Fiber To The Home ( FTTH )
Fiber To The Home ( FTTH ) adalah penyelenggaraan jaringan kabel fiber optik yang mencapai hingga ke titik pelanggan atau yang dikenal sebagai customer premise. Sangat berbeda dengan jaringan kabel fiber optik konvensional yang memerlukan dua core kabel optik untuk transmit (Tx) dan receive (Rx) data informasi yang dilewatkan, maka pada FTTH digunakan cukup hanya satu core saja kabel fiber optik untuk Tx dan Rx. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan teknologi perbedaan panjang gelombang cahaya yang digunakan pada Tx maupun Rx. Teknologi yang digunakan ini disebut sebagai PON (Passive Optical Network). Dalam standarisasi teknologi PON terdapat dua institusi internasional ternama yang berbeda basis pengembangannya. ITU (International Telecommunication Union) dengan basis teknologi telekomunikasi menstandarkan pertama kali APON, A merefer dari ATM (Asynchronous Transfer Mode) dan berkembang hingga saat ini sebagai GPON. Gigabit Capable Passive Optical Network (GPON) adalah teknologi node akses yang diperlukan untuk memberikan layanan multimedia (Voice,data, Video maupun content-content yang lain) bagi pelanggan perumahan maupun bisnis.
 

 

GPONadalah teknologi berbasis FTTx, yang dapat berupa :
FTTH(FibertotheHome)
FTTB(FibertotheBuilding)
FTTZ(FibertotheZone)
FTTT(FibertotheTower)
FTTC(FibertotheCurb)
Sedangkan IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineering) menstandarkan pertama kali dari teknologi komunikasi data sebagai EPON, E untuk Ethernet yang kemudian berkembang menjadi GEPON.


Jenis Konektor Fiber Optic model ST , SC dan LC :

Koneksi Fiber Optic Bisa Mencapai Jarak 70Km tanpa sambungan.
Kabel fiber optic merupakan kabel jaringanyang dapat mentransmisi cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel ini lebih mahal. Namun, fiber optic memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 550 meter sampai ribuan kilometer, tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis kabel lainnya. Kabel fiber optic tidak membawa sinyal elektrik, seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga. Sebagai gantinya, sinyal yang mewakili bit tersebut diubah ke bentuk cahaya.
            Kabel fiber optic terdiri dari dua tipe, yang dikenal sebagai single mode dan multi mode. Kabel single mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dann hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu. Kabel multimode mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada susut refraksi yang berbeda. Kabel single mode dapat menjangkau ratusan kilometer sedangkan kabel multimode biasanya hanya mencapai 550 meter atau kurang.
Konektor kabel fiber optic terdiri dari dua jenis-konektor model ST yang berbentuk lingkaran dan konektor SC & konektor LC yang berbentuk persegi. Penggunaan kabel ini harus disesuaikan dengan jenis perangkat yang anda gunakan dan harus competible. Kabel Optic fiber bisa menjangkau jarak sangat jauh karena menggunakan media cahaya untuk mengirim signal dari satu titik ke titik lain.

Kwalitas koneksi fiber optik sangat dipengaruh oleh kwalitas proses instalasi kabel fiber optic, fo wallmount rack, fo connector, fo  buffer tubing kits, patch cord fo, switch converter yang tepat dan benar.    
Disamping kwalitas proses instalasi fiber optik, fo wallmount rack, fo connector, fo  buffer tubing kits, patch cord fo, switch converter yang tepat
dan benar, hal lain yang penting juga untuk diperhatikan adalah keaslian produk fiber optic yang terpasang. Kami pastikan anda akan mendapatkan produk yang terbaik dari kami dengan koneksi kabel fiber optic yang terbaik juga. Kami juga menyediakan jasa instalasi fiber optic dalam bentuk paket yang murah.

Kabel Fiber optik adalah sebuah sejenis kabel yang terbuat dari kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dalam aplikasinya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan kabel optik dan digunakan untuk mengirim data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh sekali. Saat ini ada kabel fiber optic yang bisa mengirim data sampai ratusan kilometer tanap sambung.
 

Core merupakan satu bagian dari kabel fiber optic yang terbuat dari kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik yang dimana pengiriman sinar dilakukan. Core kabel fiber optic dibuat dalam berbagai ukuran yang sering disebut dalam satuan mikron. Ada kabel fiber optic yang berukuran 62.5 mikron, 50 mikron, 10 mikron, 9 mikron sampai 5 mikron, tergantung fungsi dan aplikasi dilapangan.
Cladding adalah materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali ke dalam inti(core).
Buffer Coating adalah plastic pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan gangguan luar.
Jenis Kabel Fiber Optik :


1. Kabel Fiber Optic Single-mode fibers
Kabel fiber optic tipe ini mempunyai inti yang kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nanometer)

2. Kabel Fiber Optic Multi-mode fibers
Kabel Fiber optic tipe ini mempunyai inti yang lebih besar(berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nanometer)